Translate

Wednesday, February 5, 2014

Twin Tower Kota Negara, Pusat Oleh – oleh Khas Jembrana

Bagi anda para pembaca sekalian yang pernah melintas atau hanya pernah lewat di jalan raya Denpasar – Gilimanuk, pastilah anda pernah melihat dua buah gedung kembar yang dikelilingi oleh kolam yang terletak di depan atau lebih tepatnya di seberang jalan kantor Bupati Jembrana. Apakah anda tau itu gedung apa? Ya, gedung ini namanya Twin Tower. Twin Tower kota Negara ini difungsikan sebagai pusat oleh – oleh khas Jembrana, Bali. Pasti dari pembaca sekalian bingung, namanya Twin Tower tapi mana Towernya?. Twin Tower yang berdiri dilahan seluas 3,39 hektar ini awalnya akan didirikan gedung kembar yang namanya Tedung Bali dengan tinggi Tower 116 meter, satu meter lebih tinggi dari Tugu Monumen Nasional (Monas) di Jakarta.

Tower ini juga akan difungsikan sebagai tower bersama seluler. Namun dengan ketinggian tersebut, pembangunan ini melebihi ketentuan yang diatur dalam Perda Propinsi Bali mengenai ketinggian bangunan. Maka bangunan ini hanya diselesaikan dengan dua lantai dan di isi atap yang berbentuk kerucut diatasnya. Fungsi di bangunnya Twin Tower ini adalah untuk taman rekreasi, sarana bisnis, dan reservoir atau drainase dan sebagai penanggulangan banjir karena terdapat kolam yang luas yang mengelilingi gedung ini. Selain sebagai penanggulangan bajir, kolam ini juga terdapat ikan air tawar sejenis ikan mujair, dll. Pada hari – hari tertentu kolam ini juga dijadikan tempat lomba memancing. Sarana bermain juga tersedia di kolam yaitu sepeda air, tapi lebih sering di bilang “bebek – bebekan” karena bentuknya yang seperti bebek.

Anda bisa mengelilingi twin tower ini dengan menyewa sepeda air tersebut. Di pinggir kolam ini terdapat area jogging track yang bisa anda gunakan untuk berolahraga. Banyak orang biasanya berolahraga sini, mulai dari anak – anak sampai orang dewasa. Dihalaman gedung Twin Tower terdapat panggung terbuka yang bisaya digunakan atau disewa oleh EO (Event Organizer) bila ada acara tertentu misalkan seperti konser dan acara lainnya. Sekarang gedung yang bernama Twin Tower ini dijadikan sebagi tempat pusat oleh – oleh khas kabupaten Jembrana. Berbagai panganan dan pernak – pernik khas Jembrana bisa anda temui disini. Jalan yang melintas di depan Twin Tower yang juga menglilingi taman kota dan kantor Bupati Jembrana ini juga biasanya dijadikan sirkuit ajang balap motor bebek. Pada hari – hari tertentu sering diadakan road race di jalan ini. Diseberang jalan di depan twin tower ini terdapat taman kota Jembrana.

Taman yang indah, taman yang tertata rapi, yang sangat cocok bagi anda para pemuda bila anda ingin bermalam mingguan bersama pasangan anda. Disebelah taman kota Jembrana ini juga terdapat Pura yang bernama Pura Jagatnatha yang digunakan untuk tempat bersembahyang umat Hindu di wilayah Jembrana. Bila anda berkunjung ke kabupaten Jembrana anda bisa menginap di beberapa hotel yang ada di Jembrana. Salah satunya hotel Segara mandala yang berlokasi didekat Twin Tower kota negara ini. letaknya sangat strategis dan fasilitasnya juga memuaskan. Selain itu juga terdapat rumah makan Bali yang terletak disebelah timur Pura Jagatnatha yang menyajikan makanan khas Bali, namun ada juga makanan laut seperti ikan bakar dan lain – lain.

Map Letak Lokasi Twin Tower:
Lihat Twin Tower Kota Negara, Pusat Oleh – oleh Khas Jembrana, Bali di peta yang lebih besar

0 comments:

Post a Comment